Sunday, November 27, 2016

Review Manajemen Perpustakaan JIBAS

Review Manajemen Perpustakaan JIBAS

Bagian I

Menu utama JIBAS
Halaman Utama JIBAS

JIBAS adalah sistem yang membatu instansi pendidikan dalam mengelola tugas - tugas atau pekerjaan di dalamnya seperti akademik, keuangan, perpustakaan, kepegawaian, pelaporan dan banyak lainya. Pada review kali ini kita akan membahas tentang manajemen perpustakaan pada JIBAS. Pada review bagian pertama ini kita akan mengenalkan bagaimana dan apa itu manajemen perpustakaan JIBAS pada menu referensi. 
Lalu apa isi menu perpustakaan pada JIBAS ? Lanjut halaman selanjutnya

Halaman Referensi


login JIBAS
Login JIBAS (Sistem selalu memerlukan usernya untuk login)
Halaman Referensi JIBAS
Halaman Referensi
Berisi 6 sub menu yaitu Perpustakaan, Format, Katalog, Rak, Penerbit, Penulis. Keseluruhan pada menu referensi berisi untuk membuat, mengubah, mengurangi data tentang pembukuaan pada perpustakaan.

  •  Menu Perpustakaan dan Format 

Halaman referensi perpustakaan JIBAS
Menu Perpustakaan
Halaman ini mengenalkan tentang apa, jumlah serta keterangan sebuah perpustakaan pada sebuah instansi pendidikan dan dilengkapi fitur untuk mengubah dan menghapus data tersebut. Disini dijelaskan terutaman pada jumlah buku atau pustaka yang terdapat pada perpustakaan beserta keteranganya.
Halaman Format JIBAS
Halaman Format
Sama seperti menu perpustakaan namun disini berisi format atau bentuk dari sebuah data pada perpustakaan contoh seperti CD, E-Book, Buku, sehingga mudah untuk mengakses jenis - jenis data pada perpustakaan. Pada menu ini juga terdapat fitur yang sama yaitu untuk mengubah atau edit dan menghapus data. serta keterangan dan jumlah data tersebut.

  •  Menu Rak dan Katalog

Menu rak JIBAS
Halaman Rak
Menu ini berisi tentang isi sebuah blok rak (contoh 1 - 10) dengan detail di dalamnya yaitu jumlah judul buku, banyaknya buku tersebut, serta keterangan, dan seperti pada umunya yaitu fitur menu mengubah atau edit serta menghapus data.

Halaman Katalog JIBAS
Halaman Katalog
Isi dari menu katalog adalah data yang berasal dari menu rak contoh pada indeks rak pertama rak antara 101 - 200 berisi data seperti di atas dan pada menu katalog ketika rak tersebut dipilih melalui pilihan drop down  rak maka akan menampilkan isi dari rak tersebut dari nama, jumlah pustaka, judul, keterangan juga fitur untuk edit serta menghapus data.

  • Menu Penerbit dan Penulis 


Halaman Penerbit JIBAS
Halaman Penerbit
Sama seperti menu perpustakaan namun disini berisi tentang asal buku (penerbit, kode, alamat, no telepon) sehingga mudah untuk mengakses kredibilitas sebuah buku yang dikirimkan. Pada menu ini juga terdapat fitur yang sama yaitu untuk mengubah atau edit dan menghapus data.

Halaman Penulis JIBAS
Halaman Penulis
Menu Penulis berisi tentang siapa pengarang seperti buku yang ada di perpustakaan, perbedaan dengan penerbit adalah menu penerbit berisi siapa yang menerbitkan atau menjual karangan dari penulis tersebut. Penelusuran pengarang buku pada halaman ini dipermudah dengan adanya kode sehingga mengurang kesalahan data serta memiliki kolom keterangan pada setiap data tersebut.

Kesimpulan : 

pada review bagian pertama ini yaitu tentang "Majamenen Perpustakaan pada JIBAS" membahas isi menu referensi. Pada menu Referensi terdapat 6 sub menu yaitu Perpustakaan, Format, Katalog, Rak, Penerbit, Penulis. Semua menu berfungsi untuk pembukuan pada perpustakaan sehingga mempermudah pencarian dan pengelompokan data dengan tujuan meminimalisir kesalahan dan juga mempermudah penjadwalan pada perpustakaan.
Review Selanjutnya tentang Menu Pustaka, coming soon.........!!!

No comments:

Post a Comment